Pusat Alat Pemadam Terdekat

Pusat Alat Pemadam Terdekat

Alat pemadam adalah media yang di gunakan untuk memadamkan api dalam peristiwa kebakaran agar api tidak menyebar luas. Seiring berkembangnya zaman, alat pemadam kebakaran mengalami perkembangan yang begitu pesat. Ada berbagai macam tipe alat pemadam untuk mengatasi kebakaran agar penanganannya lebih tepat dan cepat. Anda bisa dapatkan pusat alat pemadam terdekat.

Pusat Alat Pemadam Terdekat Hadir untuk Anda 

Ada banyak faktor yang dapat membuat kebakaran terjadi. Hal yang sering menyebabkan terjadinya kebakaran adalah kurangnya berhati-hati dalam menggunakan api. Tentu saja yang paling terpenting adalah memadamkan api agar tidak merembet ke mana-mana.

Keberadaan alat pemadam sangatlah penting. Berbagai macam alat pemadam dihadirkan agar dapat menangani berbagai penyebab kebakaran secara tepat dan akurat. Ada beberapa tipe pemadam yang ada wajib Anda simak.

Kelas-Kelas Kebakaran 

Dalam kebakaran ada kelas-kelas atau kategori yang menentukan bagaimana pemadamannya dan apa alatnya. Berikut ini penjelasan singkat tentang kelas-kelas kebakaran.

  1. Kelas Kebakaran A

Terjadi pada benda padat yang mudah terbakar seperti kertas, plastik, kayu, dan benda padat lainnya. Ciri dari kebakaran ini adalah meninggalkan residu seperti arang atau abu.

  1. Kelas Kebakaran B

Terjadi pada benda cair yang mudah terbakar seperti alkohol, minyak, oli, bensin, dan lain sejenisnya.

  1. Kelas Kebakaran C

Penyebab dari kebakaran ini dapat disebabkan oleh masalah elektrikal seperti malfungsi dari sebuah alat elektronik, konsleting listrik, arus pendek, dan kerusakan instalasi.

  1. Kelas Kebakaran D

Biasanya terjadi di benda logam seperti aluminium, litium, dan magnesium yang terbakar.

Macam-Macam Alat Pemadam Kebakaran 

  1. Alat Pemadam Api Ringan

Alat pemadam jenis ini mudah di bawa dan yang paling mudah di operasikan. Alat ini di lengkapi dengan alat pengukur tekanan yang berfungsi untuk menunjukkan tekanan pada tabung. Jenis alat ini di bagi menjadi tiga, yaitu :

– APAR Foam yang berfungsi untuk memadamkan api pada kelas tipe A,B, dan D.

– APAR Dry Chemical Powder berfungsi untuk memadamkan api kelas tipe A, B, C, dan E.

– APAR CO2 yang berfungsi untuk memadamkan api pada kelas tipe B, C, D, dan E.

  1. Alat Pemadam Api Berat

Alat ini biasanya di tempatkan pada area pengisian bahan bakar. Beratnya dapat mencapai 20-80 kg sehingga membutuhkan dua orang lebih untuk mengoperasikannya. Alat ini tentu memiliki area proteksi yang lebih luas dibandingkan dengan alat pemadam api ringan. Yang membedakan dengan alat pemadam api ringan adalah kapasitasnya yang lebih besar. Sedangkan cara penggunaannya pun terbilang sama.

  1. Hydrant

Alat pemadam ini dapat di temukan di area tertentu di trotoar. Berfungsi sebagai sumber air yang sangat penting saat terjadi kebakaran.

  1. Pemadam Portable

Pemadam ini dapat di bawa ke mana-mana dan di operasikan satu orang, Ukurannya hanya satu hingga dua kilogram. Setelah di pakai, biasanya perlu untuk di isi ulang lagi karena ukurannya yang kecil.

  1. Alat Pemadam Api Thermatic

Alat pemadam ini dapat di gunakan secara otomatis. Alat ini dapat Anda temukan di plafon sebagai sensor asap atau api.

Anda juga bisa mendapatkan alat pemadam kebakaran di pusat alat pemadam terdekat yang terlengkap. Jika Anda ingin membeli dapat mengunjungi jakartasafety.co.id untuk mendapatkan gambaran alat pemadam kebakaran lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *