Perbedaan Karmantel Statis Dan Dinamis, Dapatkan yang Berkualitas

Karmantel statis dan dinamis adalah dua jenis tali safety yang berbeda. Kedua jenis tali tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda juga.

Tali karmantel ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bahkan, tali jenis ini terkenal dengan fungsinya untuk kegiatan penyelamatan seperti untuk Pemadam Kebakaran.

Karmantel Statis dan Dinamis

Perbedaan Karmantel Statis dan Dinamis

Tali karmantel atau carmantel adalah tali khusus. Jenis tali ini berbeda dengan tali kebanyakan karena jauh lebih kuat.

Karmantel hadir dengan desain khusus untuk kebutuhan rescue atau aktivitas outdoor. Tidak heran apabila tali ini di cari oleh banyak orang.

Sebenarnya, tali karmantel terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah inti yang terdiri dari serat-serat nilon di dalamnya.

Sementara itu, bagian kedua pada tali karmantel bernama mantel. Bagian mantel ini adalah bagian terluar yang melindungi serat dari inti dan tali.

Tali ini banyak di gunakan oleh Pemadam Kebakaran untuk kebutuhan penyelamatan karena sangat kuat. Selain itu, tali karmantel menjadi salah satu alat yang di butuhkan untuk olahraga di alam bebas.

Para pecinta petualangan pasti sudah tidak asing lagi dengan tali ini. Salah satu aktivitas yang membutuhkan tali karmantel adalah climbing atau rock climbing.

Terdapat beberapa jenis dari tali ini. Jenis yang paling populer adalah karmantel statis dan dinamis. Apa perbedaan keduanya?

1. Karmantel Dinamis

Pertama ada jenis karmantel dinamis. Ini merupakan jenis tali karmantel yang banyak di butuhkan di berbagai kegiatan.

Tali karmantel dinamis ini memiliki ciri khusus dari regangannya. Karmantel dinamis mampu meregang hingga 30 persen dari ukuran aslinya.

Jadi, jenis dinamis ini memang memiliki sifat lentur. Sayangnya, karmantel dinamis cenderung lebih mudah rusak jika terkena gesekan langsung atau bahan korosif seperti air, accu dan cat sehingga penggunaannya harus hati-hati.

2. Karmantel Statis

Selanjutnya adalah jenis statis. Karmantel statis ini memiliki kemampuan meregang hanya sebesar 15 persen.

Tentu saja karmantel statis bersifat lebih keras dan kaku daripada jenis dinamis. Namun demikian, tali karmantel statis jauh lebih cocok di gunakan untuk kegiatan repling.

Jika melihat keduanya, bentuk jenis tali karmantel ini memang tampak sama.. Akan tetapi, ketika menyentuhnya akan terasa berbeda.

Karena fungsinya yang cenderung mempengaruhi keselamatan, maka jangan sampai salah pilih. Beli tali karmantel asli dan berkualitas tinggi di toko perlengkapan alat safety terpercaya yakni Jakarta Safety Equipment. Jakarta Safety Equipment menjadi distributor alat-alat keselamatan terlengkap. Pelanggan dari berbagai daerah bisa membeli karmantel statis dan dinamis dengan terjangkau namun berkualitas tinggi dan pengiriman cepat hanya di Jakarta Safety Equipment dan hubungi marketing Jakarta Safety 0813-8475-0283