Cara Menggunakan APAR

7. Cara Menggunakan APAR

Cara menggunakan APAR cukup mudah. APAR adalah alat pemadam kebakaran yang biasanya ada di perusahaan, café, atau bahkan rumah. Biasanya tabung tertempel di dinding sebuah bangunan. Alat pemadam ini wajib ada dalam setiap perusahaan demi mencegah kebakaran.

3 Step Cara Menggunakan APAR

Apabila ada unsur-unsur pembentuk api berikut, maka sangat cepat proses kebakaran:

Bahan bakar padat seperti kertas, kayu dan kain. Untuk cair berupa bensin dan minyak tanah. Sedangkan gas ada dari LPG dan LNG.

Oksigen (O2) adalah salah satu unsur terbentuknya api. Seperti sakit sebaiknya oksigen segera di keluarkan dari ruangan.

Sumber panas dari mekanik, listrik, kimia, atau lainnya. Sudah pasti dapat meningkatkan suhu bahan bakar dan api akan semakin menyulut.

Ketika APAR disemprotkan ke api, maka unsur 3 diatas mempengaruhi proses terbentuknya api. Nah, apabila salah satu unsurnya di hilangkan, maka api bisa dipadamkan. Dengan demikian api bisa dipadamkan dengan APAR.

Prosedur

Prosedur penggunaan alat pemadam ini umumnya di kenal dengan singkatan PASS (Pull, Aim, Squeeze, Sweep), berikut penjelasan lengkapnya:

Step pertama

Tarik kunci pengaman dengan cara buka segel pinnya. Saat menarik pin, usahakan jangan menekan pegangan APAR sebab akan membuat kamu kesulitan melepasnya.

Step kedua

Bidik ke sumber api bagian bawah atau dasar dan pastikan posisi tabung berdiri tegak lurus. Sebelum membidik pegang bagian ujung selang. Kemudian ambil posisi tidak melawan arah angin. Cara untuk mengetahui arah angin, jangan berdiri dengan posisi menantang asap. Jadi kamu harus memperhatikan anginnya. Posisi berdiri sekitar 3 meter dari sumber api. Arahkan selang ke sumber api.

Step ketiga

Tekan tuas pada pegangan APAR, kibaskan ujung selang pada sumber api secara perlahan hingga api berhasil di padamkan atau isi tabungnya habis. Gerakkan mulut pipa dengan gerakan menyapu dari dari sisi ke sisi.

Kesalahan

Kamu perlu pahami juga kesalahan yang sering terjadi saat menggunakan APAR:

-Kesalahan membawa tabung 

Kamu bisa membawa tabung dengan cara ditenteng. Sedangkan tabung berukuran besar, bawa dengan di panggul.

-Kesalahan dalam menarik pin

Ketika menarik pin pengaman jangan lakukan juga menekan pegangan APAR. Sebab pin akan sulit di lepaskan.

-Kesalahan dalam memegang selang

Untung cara memegang selang, kamu pegang bagian ujung. Kesalahan jika kamu memegang bagian tengah.

Cara menggunakan APAR mudah, ‘kan? Ketika terjadi kebakaran jangan panik dan tetap waspada. Lakukan cara di atas dengan sigap dan minta bantuan yang lain untuk membantu mengeluarkan ke 3 unsur pembentuk api. Untuk mendapatkan perlengkapan safety ini, kamu bisa kunjungi +62 813-8475-0283.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *